Kamis, 22 Desember 2011

Rangkuman bab 5

International Strategic Management 
Comprehensive and on going management planning process aimed at formulating and implementing strategies that enable a firm to compete effectively internationally

Fundamental Questions
          What products and/or services does the firm intend to sell?
          Where and how will it make those products or services?
          Where and how will it sell them?
          Where and how will it acquire the necessary resources?
          How does it expect to outperform its competitors?
Factors Affecting International Strategic Management
          Language
          Culture
          Politics
          Economy
          Governmental interference
          Labor
          Labor relations
          Financing
          Market research
          Advertising
          Money
          Transportation/ communication
          Control
          Contracts
Sources of Competitive Advantage for International Businesses
          Global efficiencies
          Multinational flexibility
          Worldwide learning
Strategic Alternatives
          Home replication strategy
          Multidomestic strategy
          Global strategy
          Transnational strategy
Components of Int’l Strategy
          Distinctive competence
          Scope of operations
          Resource deployment
          Synergy
Levels of International Strategy
          Corporate Strategy
          Business Strategy
          Functional Strategy

Rangkuman Bab 4

Perdagangan internasional adalah perdagangan diantara penduduk dua Negara atau lebih. Meliputi pertukaran barang, jasa, aseets, dan uang diantara satu orang atau organisasi yang lainnya. Komponen terbesar perdagangan internasional di dunia dalam bidang perjalanan dan pariwisata sebesar $1,5 trilion per tahun dipegang oleh eropa.


Negara klasik berbasis teori perdagangan
  1. Mercantilism
Kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
Sebuah sasaran negara harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak  dengan
mempromosikan ekspor
mengecilkan impor
Contohnya amerika dengan tekstil produsen
perusahaan baja
gula petani
kacang petani
  1. Absolute Advantage ( keunggulan mutlak)
Suatu Negara dikatakan memiliki keunggulan mutlak dari negara lain, karena Negara tersebut mampu memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh Negara lain.
  1. Comparative Advantage ( keunggulan komparatif)
Suatu Negara dikatakan mempunyai keunggulan komparatif jika Negara tsb memproduksi barang atau jasa dengan biaya yang lebih murah dari Negara lain. faktor yang mempengaruhinya adalah
1. Perbedaan kekayaan sumber daya alam
2. Perbedaan efisiensi
3. Perbedaan tingkat teknologi yang digunakan
4. Perbedaan selera
5. Perbedaan sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanan.

  1. Comparative Advantage with Money
  2. Relative Factor Endowments
Faktor endowment, yaitu kepemilikan faktor-faktor produksi didalam suatu Negara.

Manfaat dan Dampak Perdagangan Internasional

Manfaat perdagangan internasional:
1. Meningkatkan kualitas konsumsi
2. Mendatangakan devisa bagi negara
3. Terbukanya lapangan kerja
4. Stabilisasi harga-harga
5. Transfer teknologi
Dampak perdagangan internasional bagi Indonesia:
Dampak Positif
1. Berbagai macam kebutuhan barang dan jasa terpenuhi
2. Harga barang semakin murah karena efisiensi dan spesialisasi
3. Devisa negara meningkat
4. Lapangan kerja terbuka
5. Adanya persahabatan dan kerja sama antarnegara
6. Mendorong kegiatan ekonomi
Dampak Negatif
1. Produk dalam negeri menurun karena kurang disukai masyarakat.
2. Ketergantungan terhadap negara-negara maju.

Cara Pembayaran Internasional

Dalam perdagangan internasional pembayaran dilakukan dengan menggunakan valuta asing atau devisa.
Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional dan dapat diterima di dunia internasional.
Valuta asing adalah mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran luar negeri.
Kurs valuta asing adalah perbandingan nilai mata uang asing terhadap mata uang dalam negeri.
Macam-macam kurs valuta asing:
1. Kurs beli, yaitu kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing.
2. Kurs jual, yaitu kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing.
3. Kurs tengah, yaitu kurs rata-rata antara kurs beli dan kurs jual.
Alat pembayaran dalam perdagangan internasional dapat berupa : emas dan perak, valuta asing, dan wesel asing.

Hambatan Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional dapat berjalan dengan lancar apabila negara-negara yang terlibat dalam perdagangan bisa bebas mengekspor atau mengimpor barang sesuai dengan keinginan. Adanya hambatan mengakibatkan kegiatan ekspor-impor terganggu.
Hambatan-hambatan perdagangan internasional itu antara lain:
1. Kuota
2. Larangan impor
3. Tarif
4. Subsidi
5. Embargo ekonomi

Kuis 12 bisnis internasional

1.       Sebutkan pilihan strategi dalam ISM
Corporate strategy
Business strategy
Functional strategy

2.       Jelaskan yg di maksud dengan International HRM dan gambarnya
Aktivitas yang di arahkan untuk menarik, mengembangkan dan memelihara tenaga kerja yang efektif diperlukan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan


3.       Tahap-tahap dalam akulturasi
Honeymoon phase
Disillusionment phase
Adaptation phase
Biculturalism

4.       International marketing dan baurannya
Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dantujuan organisasi
Bauran pemasarannya :
Produk : variety, quality, design, feature, brandnames, packaging, sizes, service, warranties, returns
Price: list price, discount, allowance, payment period, credit terms
Place : channels, coverage, assortments, locations, inventory, transport
Promotion : sales promotion, advertising, sales force, public relation, direct marketing

5.       Cara memasuki pasar international
Exporting
International licensing
International franchising
Specialized modes : contact manufacturing, management contract, turnkey project, green field.
Foreign direct investment

6.       IMF dan tujuannya
Intenational monetary funds tujuannya memberikan pinjaman dana

7.       Bisnis internasional dan bentuk-bentuk kegiatannya
Semua transaksi bisnis yang melibatkan dua negara atau lebih
Kegiatannya:
Export import
Investment
Use of assets
Performance of service

Kuis 11 bisnis internasional


1.      Human Resources Management
Aktivitas yang di arahkan untuk menarik, mengembangkan, dan memelihara tenaga kerja yang efektif di perlukan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan

2.      Proses dalam HRM


3.      Jelasakan yang di maksud dengan culture shock dan phase nya
Fenomena psikologis yang dapat menyebabkan perasaan rasa takut, tidak berdaya,lekas marah, dan disorientasi terhadap budaya barunya

Phase nya :
-         Honeymoon phase
-         Disillusionment  phase
-         Adaptation phase
-         Biculturalism

Rabu, 21 Desember 2011

Kuis 10 Bisinis internasional

Cara-cara memasuki pasar internasional
2 cara specialzed mode
Strategi aliansi internasional
keuntungan dan kerugian aliansi internasional
2 tipe aliansi strategic internasional
Jelaskan internasional strategic management
Jelaskan pilihan strategi internasional strategic management
jelaskan internasional bisnis dan kegiatannya


Jawab
1)exporting,licensing,franchising,specialezed mode entry,foreign direct investment
2)Kontrak manajemen kontrak manufaktur turnkey project
3)persetujuan kerjasama bisnis anatara dua perusahaan untuk saling menguntungkan
4)Benefit:Share risk,easy market entry,share knowladge and exprience synergy and competitive advantage
5)
6)Proses perencanaan manajemen yang sedang berjalan dan pengimplementasian dari berbagai strategi guna perusahaan dapat bersaing efektif di internasional
7)home replication,transnational,global,multidomestik
8)all bussines transaction that involve two or more country,Use of assets,investment kinerja pelayanan,expor impor

KUIS 9 BISNIS INTERNASIONAL


1.       Tuliskan pilihan cara masuk pasar international!
2.       Alliance strategi international!
3.       Tipe-tipe alliance international!

JAWAB !
1.       Exporting
International  licensing
International franchising
Specialid modes                      à contact manufacturing
Foreign direct investment.         Manajemen contact
                                                                Turnky project
                                                                Green filed strategi
2.       Melakukan kesepakatan antara 2 perusahaan untuk melakukan bisnis agar saling menguntungkan.
3.       Comperhensip
Fungtional           à marketing
                                     SDM
                                     Financial
                                     operation

Jumat, 02 Desember 2011

kuis 8 bisnis internasional

1.Apa yang dimaksud international stratgic management?
2.Sebutkan tingkatan-tingkatan strategi!
3.Jelaskan hubungan coorporate strategy dan  fungsional strategy dari masing-masing bagian!
4.Sebutkan pilihan-pilihan strategi!
5.Apa singkatan IMF dan tujuannya!
6.sebutkan bentuk investasi dan tujuannya!
7.Sebutkan teori perdagangan internasional
8.Sebutkan jenis-jenis hukum
9.Apa itu unternational bisnis dan bentuk-bentuknya!

Jawab
1.Proses perencanaan manajemen yang ditujukan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan perusahaan bersaing efektif di internasional
2.Strategi perusahaan,strategi bisnis,strategi fungsional
3.
4.Home replication strategy ,multidomestic strategy,global strategy,transnational strategy
5.International Monetary fund,bertujuan untuk meminjamkan dana
6.investasi langsung asing,portofolio investasi

7.

8.Civil law,common law,religious law,biruqratic law
9.Segala transaksi bisnis yang melibatkan 2 negara atau lebih,bentuknya impor-ekspor,use of assets,investasi,kinerja pelayanan