Kamis, 06 Oktober 2011

Lingkungan Makro di Nigeria

1) DEMOGRAFI

Republik Federal Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan. Kota-kota penting termasuk Abuja, bekas ibu kota Lagos, Abeokuta, Ibadan, Port Harcourt dan Jos.

Nigeria dibagi ke dalam 36 negara bagian dan satu Teritorial Ibu Kota Federal, yang dibagi lagi ke dalam 774 Wilayah Pemerintah Daerah (Local Government Area). Banyaknya negara bagian, yang mana hanya tiga yang mandiri, mencerminkan hingar bingarnya sejarah negara ini dan kesulitan pengelolaan dengan heterogennya entitas kebangsaan pada tingkatan pemerintah.

2) HUKUM
Ada empat sistem yang berbeda hukum di Nigeria:

Umum hukum, pengembangan kemerdekaan kolonial;
     Hukum adat yang berasal dari norma-norma tradisional adat dan praktek, termasuk pertemuan penyelesaian sengketa pra-kolonial rahasia masyarakat Yorubaland dan Èkpè dan Okónkò dari Igboland dan Ibibioland;
     Hukum Syariah, digunakan hanya di utara mayoritas Muslim negara itu. Ini adalah sistem hukum Islam yang telah digunakan jauh sebelum pemerintahan kolonial di Nigeria tetapi baru-baru dipolitisir dan dipelopori di Zamfara pada akhir 1999 dan sebelas negara lain mengikuti. Negara-negara ini Kano, Katsina, Niger, Bauchi, Borno, Kaduna, Gombe, Sokoto, Jigawa, Yobe, dan Kebbi.

Negara ini memiliki cabang yudisial, pengadilan tertinggi adalah Mahkamah Agung Nigeria.
 

3) EKONOMI
Nigeria adalah diklasifikasikan sebagai pasar ekonomi campuran yang muncul, dan sudah mencapai status pendapatan menengah menurut Worldbank, [61] dengan pasokan yang melimpah sumber daya alamnya, baik yang dikembangkan keuangan, hukum, komunikasi, sektor transportasi dan pertukaran saham (Nigeria Stock Exchange), yang merupakan terbesar kedua di Afrika. Nigeria adalah peringkat ke-37 di dunia dalam hal PDB (PPP) pada 2007. Nigeria adalah dagang terbesar Amerika Serikat 'mitra di sub-Sahara Afrika dan persediaan seperlima dari minyak (11% dari impor minyak). Ini memiliki surplus perdagangan terbesar ketujuh dengan AS dari setiap negara di seluruh dunia. Nigeria adalah saat ini 50 terbesar pasar ekspor untuk barang-barang AS dan eksportir terbesar 14-barang ke AS Amerika Serikat adalah investor asing terbesar di negara itu.
Februari 2011: Menurut Citigroup, Nigeria akan mendapatkan pertumbuhan PDB rata-rata tertinggi di dunia antara 2010-2050. Nigeria adalah salah satu dari dua negara dari Afrika antara 11 negara Pertumbuhan Generator global.
Sebelumnya, pembangunan ekonomi telah terhalang oleh tahun kekuasaan militer, korupsi, dan salah urus. Pemulihan demokrasi dan reformasi ekonomi berikutnya telah berhasil menempatkan Nigeria kembali ke jalur untuk mencapai potensi penuh ekonomi. Sekarang perekonomian terbesar kedua di Afrika (setelah Afrika Selatan), dan ekonomi terbesar di wilayah Afrika Barat.
Selama boom minyak 1970-an, Nigeria akumulasi utang luar negeri yang signifikan untuk membiayai investasi infrastruktur yang besar. Dengan jatuhnya harga minyak selama tahun 1980-an minyak Nigeria kekenyangan berjuang untuk bersaing dengan pembayaran pinjaman dan akhirnya melunasi pembayaran utang pokok, membatasi pembayaran dengan porsi kepentingan pinjaman. Tunggakan denda dan bunga terakumulasi pada pokok yang belum dibayar yang meningkatkan ukuran utang.
Namun, setelah negosiasi dengan pihak berwenang Nigeria, pada Oktober 2005 Nigeria dan perusahaan kreditor Paris Club mencapai kesepakatan di mana Nigeria membeli kembali utang dengan diskon sekitar 60%. Nigeria menggunakan sebagian dari keuntungan minyak untuk membayar 40% sisa, membebaskan setidaknya 1150000000 $ per tahun untuk program pengurangan kemiskinan. Nigeria membuat sejarah pada April 2006 dengan menjadi Negara Afrika pertama yang benar-benar membayar hutang ($ diperkirakan 30 miliar) utang ke Paris Club.


 4) TEKNOLOGI
Tiga satelit telah diluncurkan oleh pemerintah Nigeria ke ruang angkasa. Para Nigeriasat-1 adalah satelit pertama akan dibangun di bawah sponsor pemerintah Nigeria. Satelit diluncurkan dari Rusia pada tanggal 27 September 2003. Nigeriasat-1 merupakan bagian dari Sistem Pemantauan di seluruh dunia Constellation Bencana [71] Tujuan utama dari Nigeriasat-1 adalah:. Untuk memberikan sinyal peringatan dini dari bencana lingkungan, untuk membantu mendeteksi dan mengontrol penggurunan di bagian utara Nigeria; untuk membantu dalam perencanaan demografi, untuk membangun hubungan antara vektor malaria dan lingkungan bahwa malaria keturunan dan untuk memberikan sinyal peringatan dini tentang wabah meningitis masa depan dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh, untuk menyediakan teknologi yang dibutuhkan untuk membawa pendidikan ke seluruh bagian negara melalui jauh belajar, dan untuk membantu dalam resolusi konflik dan sengketa perbatasan dengan memetakan batas-batas negara dan Internasional.
NigeriaSat-2, satelit kedua Nigeria, dibangun sebagai resolusi tinggi satelit bumi oleh Surrey Ruang Teknologi Limited, sebuah perusahaan teknologi satelit berbasis Inggris. Ia memiliki resolusi 2,5 meter pankromatik (resolusi sangat tinggi), 5 meter multispektral (resolusi tinggi, NIR merah, hijau dan band merah), dan 32 meter multispektral (resolusi menengah, NIR merah, hijau dan band merah) antena, dengan tanah stasiun penerima di Abuja. Pesawat ruang angkasa NigeriaSat-2 saja sudah dibangun dengan biaya lebih dari £ 35 juta. [Kutipan diperlukan] Satelit ini diluncurkan ke orbit dari sebuah pangkalan militer di Cina.
NigComSat-1, satelit Nigeria dibangun pada tahun 2004, satelit ketiga Nigeria dan satelit komunikasi pertama Afrika. Ini diluncurkan pada 13 Mei 2007, dengan roket pembawa China Panjang March 3B, dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Cina. Pesawat ruang angkasa itu dioperasikan oleh NigComSat dan Antariksa Nigeria, NASRDA. Pada tanggal 11 November 2008, NigComSat-1 gagal di orbit setelah kehabisan daya karena anomali dalam array surya. Hal ini didasarkan pada bus DFH-4 satelit Cina, dan membawa berbagai transponder: 4 C-band, Ku-band 14; 8 Ka-band, dan 2 L-band. Ia dirancang untuk menyediakan cakupan untuk banyak bagian Afrika, dan Ka-band transponder juga akan mencakup Italia.
Pada tanggal 10 November 2008 (0900 GMT), satelit dilaporkan dimatikan untuk analisis dan untuk menghindari kemungkinan tabrakan dengan satelit lain. Menurut Satelit Komunikasi Nigeria Limited, itu dimasukkan ke dalam "operasi darurat modus dalam rangka untuk efek mitigasi dan perbaikan" . Satelit itu akhirnya gagal setelah kehilangan kekuasaan pada 11 November 2008.
Pada tanggal 24 Maret 2009, federal Nigeria Departemen Ilmu dan Teknologi, NigComSat Ltd dan CGWIC menandatangani kontrak lebih lanjut untuk pengiriman di-orbit-1R NigComSat satelit. NigComSat-1R juga satelit DFH-4, dan diharapkan akan dikirimkan pada kuartal keempat tahun 2011 sebagai pengganti gagal NigComSat-1. 

5) Sosial Budaya
Nigeria adalah rumah bagi berbagai agama yang cenderung bervariasi regional. Situasi ini menonjolkan perbedaan-perbedaan regional dan etnis dan telah sering dipandang sebagai sumber konflik sektarian antara populasi . Meskipun, Nigeria tampaknya dibagi rata antara Islam dan Kristen antara utara dan selatan, jelas bahwa di Nigeria ada kepercayaan yang luas, meskipun ditekan karena alasan politik, dalam praktik keagamaan tradisional.
Berdasarkan survei World 2009 Agama (Pemetaan keluar Populasi Muslim Global) 50,4% penduduk Nigeria adalah Muslim,  48,2% adalah Kristen (15% Protestan, 13,7% Katolik, dan 19,6% Kristen lainnya), dan pengikut lainnya agama adalah 1,4%.  Bagian utara inti adalah sebagian besar Muslim, ada sejumlah besar Muslim dan Kristen di Sabuk Tengah, termasuk Capital Territory Federal. Di sebelah barat negara itu, terutama di Yorubaland, populasi dikatakan merata dibagi antara Muslim dan Kristen, sedangkan di daerah tenggara yang didominasi Kristen dengan kepercayaan tradisional luas, Katolik, Anglikan, dan Metodis adalah mayoritas dengan beberapa tradisional keyakinan, sementara wilayah Delta Niger terutama Kristen .
Mayoritas Muslim Nigeria Sunni, tetapi minoritas Syiah yang signifikan dan sufi ada (lihat Syiah di Nigeria) dan minoritas kecil Ahmadiyah. Beberapa negara utara telah dimasukkan ke dalam sistem hukum Syariah yang sebelumnya sekuler mereka hukum, yang telah membawa sekitar beberapa kontroversi [96] Negara Kano telah berusaha untuk memasukkan hukum Syariah dalam konstitusinya.. [97]
Kristen Nigeria sekitar terbagi rata antara Roma Katolik dan Protestan. Gereja-gereja Protestan terkemuka Gereja Nigeria, dari persekutuan Anglikan, Gereja Sidang Jemaat Allah, Nigeria, Gereja Kristen Ditebus Allah, Konvensi Baptis Nigeria dan The Synagogue, Gereja Dari Segala Bangsa. Area Yoruba berisi populasi Anglikan besar, sementara Igboland adalah mayoritas Katolik dan daerah Edo didominasi Sidang Jemaat Allah yang diperkenalkan ke Nigeria oleh Gabrial Ojemekele Oyakhilome dan rekan-rekannya di Enugu.
Di seberang Yorubaland di banyak orang barat yang penganut Yorubo / Irunmole spiritualitas dengan filosofi takdir ilahi yang semua bisa menjadi Orisha (ori, pemimpin spiritual, sha, dipilih: untuk menjadi satu dengan Olodumare (odu oni, sumber Allah segala energi; ma kembali, enlighthens / kemenangan).
Kelompok agama minoritas lain dan spiritual di Nigeria termasuk Hindu,  Yudaisme, Iman Baha'i, dan Chrislam (elemen perpaduan sinkretis iman Kristen dan Islam) [99] Lebih lanjut., Nigeria telah menjadi pusat Afrika untuk Grail Gerakan [kutipan diperlukan] dan Hare Krishna

6) Politik 
Nigeria adalah Republik Federal model setelah Amerika Serikat, dengan kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh presiden dan dengan nada model Sistem Westminster dalam komposisi dan pengelolaan rumah atas dan bawah legislatif bikameral. Presiden Nigeria adalah saat Goodluck Jonathan, yang menggantikan Musa Yar'Adua Umaru ke kantor pada tahun 2010. Presiden memimpin baik sebagai Kepala Negara dan kepala eksekutif nasional dan dipilih oleh suara terbanyak untuk maksimum dua empat-tahun.
Kekuasaan presiden diperiksa oleh Senat dan DPR, yang dikombinasikan dalam tubuh bikameral yang disebut Majelis Nasional. Senat adalah badan 109-kursi dengan tiga anggota dari masing-masing negara dan satu dari wilayah ibukota Abuja, anggota dipilih oleh suara terbanyak untuk empat tahun. Rumah ini berisi 360 kursi dan jumlah kursi per negara ditentukan oleh populasi.
Etnosentrisme, tribalisme, penganiayaan agama, dan prebendalism telah memainkan peran dalam politik Nigeria terlihat baik sebelum dan sesudah kemerdekaan pada tahun 1960. Kin-selektif altruisme telah membuat jalan ke politik Nigeria dan telah ditolak oleh tribalists berbagai upaya memusatkan kekuasaan Federal untuk wilayah tertentu dari kepentingan mereka. [41] Nasionalisme juga menyebabkan gerakan separatis aktif seperti MASSOB, gerakan Nasionalis seperti Oodua Kongres Rakyat, Gerakan untuk Emansipasi Delta Niger dan perang sipil. Tiga Nigeria kelompok etnis terbesar (Hausa, Igbo dan Yoruba) telah mempertahankan keunggulan sejarah dalam politik Nigeria; persaingan di antara ketiga kelompok ini telah memicu korupsi dan korupsi
Karena masalah di atas, partai-partai saat ini Nigeria politik pan-nasional dan tidak beragama dalam karakter (meskipun ini tidak menghalangi keunggulan terus-menerus dari etnis yang dominan) [42] [43] Partai-partai politik utama saat ini. Termasuk yang berkuasa Demokratik Rakyat Partai Nigeria yang mempertahankan 223 kursi di DPR dan 76 di Senat (61,9% dan 69,7% masing-masing); oposisi Partai Semua Rakyat Nigeria di bawah kepemimpinan Muhammadu Buhari memiliki kursi Gedung 96 dan 27 di Senat (26,6% dan 24,7 %). Ada juga sekitar dua puluh partai-partai oposisi kecil lainnya terdaftar. Para mantan presiden langsung, Olusegun Obasanjo, mengakui penipuan dan lain pemilihan "penyimpangan" tapi kata hasil jajak pendapat mencerminkan. Dalam pidato televisi nasional ia menambahkan bahwa jika Nigeria tidak menyukai kemenangan penggantinya dipilih sendiri nya mereka akan memiliki kesempatan untuk memilih lagi dalam empat tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar